Artikel - ArtikelYayasan Gizi Yasmin

Jangan Remehkan Daun Kemangi sebab Manfaatnya Besar Sekali
Kemangi berpotensi membantu meredakan sakit kepala, pilek, diare, sembelit, cacingan, gangguan ginjal, sakit maag.

Oleh: Mohammad Taufik

Hampir mayoritas masyarakat tahu kalau daun kemangi bisa dimakan, mulai dibuat campuran masakan sayur, lalapan sambal, sampai capuran air kobokan pembersih tangan. Tetapi bagaimana dengan seabrek manfaat tumbuhan yang memiliki nama latin Ocimum basilicum ini? Tentu belum semua orang tahu.

Tanaman kemangi dapat tumbuh di sembarang tempat dan toleran terhadap cuaca panas maupun dingin. Kemangi yang ditanam di daerah dingin daunnya lebih lebar dan lebih hijau, sedangkan kemangi di daerah panas daunnya kecil, tipis, dan berwarna hijau pucat.

Di Indonesia, kemangi juga memiliki beberapa nama. Misalnya orang-orang Jawa menyebutnya kemangi, tapi masyarakat Sunda menyebutnya surawung. Kemangi juga ditemukan di Thailand (disebut manglok), Mediterania/Italia (disebut genovese), dan India (disebut holy basil atau tulsi).

Bagaimana dengan manfaatnya? Ahli Teknologi Pangan dan Gizi Institut Pertanian Bogor (IPB), Made Astawan, dalam artikel kesehatannya di rubrik kesehatan Kompas.com, menjelaskan daun kemangi mengandung betakaroten (provitamin A) dan vitamin C. Betakaroten berperan mendukung fungsi penglihatan, meningkatkan respon antibodi (memengaruhi fungsi kekebalan tubuh), sintesis protein untuk mendukung proses pertumbuhan, dan sebagai antioksidan.

Vitamin C antara lain berguna untuk:
1. pembentukan kolagen untuk penyembuhan luka dan memelihara elastisitas kulit,
2. membantu penyerapan kalsium dan besi,
3. antioksidan, dan
4. mencegah pembentukan nitrosamin yang bersifat karsinogenik (menyebabkan kanker).

Kolagen merupakan senyawa protein yang memengaruhi integritas struktur sel di semua jaringan ikat, seperti pada tulang rawan, matriks tulang, dentin gigi, membran kapiler, kulit, dan tendon (urat otot). Daun kemangi kaya akan mineral makro, yaitu kalsium, fosfor, dan magnesium. Kalsium penting bagi pembentukan dan pertumbuhan tulang, transmisi impuls saraf, membantu kontraksi otot, dan membantu mengaktifkan reaksi enzim.

Fosfor berperan dalam pertumbuhan tulang, membantu penyerapan dan transportasi zat gizi, mengatur keseimbangan asam dan basa. Magnesium membantu merilekskan jantung dan pembuluh darah, sehingga memperlancar aliran darah.

Adapun di dalam buku A Dictionary of Practical Material Medical disebutkan, dia melanjutkan, sari daun kemangi berkhasiat untuk mengatasi diare, nyeri payudara, batu ginjal, gangguan pada vagina, dan albuminaria (terbuangnya albumin melalui urin).

Bahkan Para peneliti dari Center for New Crops and Plant Products, Purdue University, Amerika Serikat, menyatakan bahwa daun kemangi berpotensi membantu meredakan sakit kepala, pilek, diare, sembelit, cacingan, gangguan ginjal, sakit maag, perut kembung, masuk angin, kejang-kejang, dan badan lesu.

Sumber : http://bandung.merdeka.com/halo-bandung/jangan-remehkan-daun-kemangi-sebab-manfaatnya-besar-sekali-160115o.html

 

Tips Kesehatan

  • Cukup Istirahat +

    Istirahat yang cukup setiap harinya, merupakan salah satu faktor untuk menjaga daya tahan tubuh anda.
  • Berolahraga +

    Setiap pagi, usahakan selalu melakukan olahraga secara teratur. Ini bertujuan untuk menjaga kondisi tubuh agar selalu bugar dan sehat.
  • Makanan Berserat +

    Penuhi makanan yang berserat setiap harinya. Makanan yang berserat yaitu apel, wortel maupun kacang-kacangan. Fungsi makanan berserat ini yaitu menjaga tubuh dari serangan bakteri.
  • Vitamin D +

    Penuhi kebutuhan vitamin D. Karena vitamin D ini berfungsi untuk menstimulus sel imun untuk menghalau virus dan bakteri. Vitamin D dapat ditemukan pada sinar matahari, telur, hati dan ikan.
  • 1