Artikel - ArtikelYayasan Gizi Yasmin

Pemenuhan Soda dalam Minuman Dinilai Aman Bagi Kesehatan

Oleh : Prof. Dr. Ir. Made Astawan, MS

Konsumsi minuman bersoda atau berkarbonasi (CO2) dinilai sejumlah orang sebagai penyebab meningkatnya risiko berbagai penyakit tidak menular, seperti diabetes, ginjal, hingga obesitas. Namun, pendapat itu ditentang sejumlah ahli.

Ahli Teknologi Pangan dan Dewan Pakar Pusat Informasi Produk Industri Makanan dan Minuman (PIPIMM) Kementerian Perindustrian Made Astawan mengatakan, konsumsi minuman bersoda sejauh ini aman bagi kesehatan.

"Minuman karbonasi tujuannya hanya untuk memberikan sensasi segar. Jumlah CO2 yang diserap relatif sangat kecil. Jadi aman dikonsumsi," ujar Made di Gedung Kementerian Perindustrian, Jakarta, Jumat (30/1/2015).

Made menjelaskan, saat kemasan minuman dibuka, sebagian CO2 pun akan akan terlepas. Saat diminum, tak banyak CO2 yang masuk ke dalam lambung. Bahkan saat minum, sering kali CO2 langsung dikeluarkan dari tubuh dengan bersendawa.

Made mengatakan, dalam Join Expert Commitee on Food Additives (JECFA) tambahan CO2 juga terbilang aman. "Minuman berkarbonasi toksinitasnya sangat rendah, sehingga tak perlu khawatir risiko penambahan CO2 ke dalam minuman," kata dia.

Direktur Standarisasi Produk Pangan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Tetty Helfery Sihombing mengatakan, tidak ada batasan tambahan CO2 pada minuman karena aman dikosumsi. Produk minuman ringan juga telah mendapatkan izin edar BPOM berupa MD, untuk produk dalam negeri dan ML untuk produk luar negeri.

"Produk minuman yang di pasar Indonesia telah melewati rangkaian proses pemeriksaan dengan pengujian yang ketat dan dinyatakan memenuhi standar mutu dan keamanan pangan yang berlaku," kata Tetty.

Penulis : Dian Maharani

Editor : Lusia Kus Anna

Sumber: http://health.kompas.com/read/2015/01/30/155635623/Penambahan.Soda.dalam.Minuman.Dinilai.Aman.Bagi.Kesehatan

 

 

Tips Kesehatan

  • Cukup Istirahat +

    Istirahat yang cukup setiap harinya, merupakan salah satu faktor untuk menjaga daya tahan tubuh anda.
  • Berolahraga +

    Setiap pagi, usahakan selalu melakukan olahraga secara teratur. Ini bertujuan untuk menjaga kondisi tubuh agar selalu bugar dan sehat.
  • Makanan Berserat +

    Penuhi makanan yang berserat setiap harinya. Makanan yang berserat yaitu apel, wortel maupun kacang-kacangan. Fungsi makanan berserat ini yaitu menjaga tubuh dari serangan bakteri.
  • Vitamin D +

    Penuhi kebutuhan vitamin D. Karena vitamin D ini berfungsi untuk menstimulus sel imun untuk menghalau virus dan bakteri. Vitamin D dapat ditemukan pada sinar matahari, telur, hati dan ikan.
  • 1